Thursday 19 January 2012

Blog terproteksi dengan anti copy-paste (anti klik kanan)


Menanggapi permintaan seorang sahabat blogger mengenai, cara proteksi blog dari pembajakan alias copy paste, pada posting kali ini aku ingin mengulas sedikit tentang hal tersebut.
Sebenarnya bisa dibilang copy paste di dunia blogger adalah suatu hal yang tak bisa dihindari, karena jujur saja untuk ukuran seorang blogger sejati sekalipun, pada awal dia belajar membuat blog alias newbi (seperti aku..hehe..) di saat pasang ini dan itu, ganti ini dan itu, menghilangkan, menyembunyikan dan bla..bla..bla.. pastinya tidak akan luput dari hal yang namanya copy paste.
Tinggal kesadaran dari diri kita sendiri, karena bagi aku jika suatu blogsudah di proteksi oleh sang pemilik maka sudah seharusnya kita menghargai hal tersebut.
Dalam artian jika sobat blogger bisa membuka proteksi blog orang lain, ya wes.. ga usah disebutin pada komentar'nya dia bahwa "bisa kok dibuka proteknya...", sebaliknya bagi sang pemilik blog ya ga usah kebakaran jenggot jika ada yang berkomentar seperti itu, karena emang di saat sekarang ini mungkin untuk istilah blog ga bisa dicopy atau blog ga bisa di klik kanan, sudah ga merdu di kuping lagi (hehe..lagu kale).

Agar tidak menjadi kontroversi (wiih.. ky DP ma Jupe aja), mending sekalian aja aku paparkan mengenai dua cara yg SANGAT SEDERHANAuntuk proteksi blog dari copy paste dan meng'copy paste dari blog yg di proteksi. OK langsung aja ya sob....

1. Cara proteksi blog dari copy paste  :

Login ke blog sobat -> Design -> Edit HTML -> Copy dan paste script berikut ini di atas kode </head>
<script type="text/javascript">
if (typeof document.onselectstart!="return false") { document.onselectstart=new Function ("return false"); }
else{ document.onmousedown=new Function ("return false"); document.onmouseup=new Function ("return false"); }
</script>

setelah itu untuk anti klik kanan ganti kode <body> dengan :

<body oncontextmenu='return false' ondragstart='return false' onselectstart='return false' style='-moz-user-select: none; cursor: default;'>

2. Cara meng'copy paste di blog yang terprotek  : (menggunakan Browser Mozilla Firefox)

install ad-ons RightToClick yang dapat di download langsung DISINI.
cara pakainya adalah jika sobat berada di blog yang terprotek hanya dengan langsung mengklik sekali logo panah kecil yang terdapat di pojok kanan bawah browser, maka secara otomatis seluruh proteksi blogtersebut akan di disable oleh plugin RightToClick, maka sobat langsung bisa mengklik kanan dan meng'copy tanpa ada halangan apapun.

No comments:

Post a Comment